Senin, 28 Agustus 2017

Macam-macam Pembukuan Sederhana yang Wajib Dimiliki Bidang Usaha Kecil

dalam setiap perusahaan baik perusahan kecil maupun besar tentu banyak di jumpai kegiatan pembukuan. pembukuan ini biasanya berangkaian atas keuangan yang akan membantu skema ekspedisi alur perusahan yang kamu melaksanakan. untuk itu, dapat di katakana bahwa pembukuan merupakan kegiatan sederhana dalam mengelola keuangan serta aktivitas perusahaan yang harus di lakukan secara terperinci dan teliti.

karena pembukuan ini wajib di miliki oleh setiap perusahaan, sebagai pengusaha maupun aktor bidang usaha pemula harus memilki ketelatenan dan mempunyai ilmu dasar di bidang akuntansi. jangan sampai kamu melengahkan hal yang satu ini karena dapat berdampak pada perusahaan kamu.
untuk menghindarinya, kamu dapat membuat laporan pembukuan dengan aplikasi keuangan secara sederhana terlebih dahulu. selanjutnya pembukuan yang dapat kamu lakukan pada perusahaan kamu


  1. buku pengeluaran
    berisikan mengenai catatan sehari-hari untuk setiap pengeluaran yang terjadi pada bidang usaha yang kamu melaksanakan. pembukuan ini harus kamu tulis mulai dari hal yang di beli sekecil apapun hingga memenuhi stok barang jualan kamu di pakus. 
  2. buku pemasukan
    setiap besaran uang yang masuk dan pergi dalam setiap bidang usaha kamu harus kamu catat pada buku arus kas kamu. buku pemasukan tersebut berisikan mengenai catatan setiap uang yang masuk ke dalam pada bidang usaha untuk setiap harinya. 
  3. buku arus kas
    jalannya uang atau arus kas bidang usaha yang kamu jalankan harus terus menerus kamu control supaya kamu tahu apakah perusahaan kamu masih mempunyai cadangan biaya untuk beroperasi atau justru sudah dalam kondisi ambruk. untuk itu, pada pembukuan di bagian ini harus kamu catat dan laporkan secara teliti dan seksama. 
  4. buku catatan stok
    pada bagian ini, kamu akan dapat mengawasi operasional sehari-hari bidang usaha kamu. di sini, kamu dapat membandingkan antara pemasukan, pengeluaran untuk stok serta besaran barang yang pergi dari pakus. 
  5. buku inventaris barang
    kamu dapat menjaga setiap asset yang kamu miliki tetap berada dibawah kendali kamu. caranya yaitu, atas mencatat setiap barang yang kamu beli di buku ui. setelah kamu mencatatnya kamu pula harus mencatatnya pada buku pengeluaran. buku ini sangat efektif untuk di lakukan pada usaha restoran. 
  6. buku keuntungan rugi
    merupakan buku pada suatu periode yang terdiri dari unsur-unsur seperti pendapatan dan beban perusahaan. dari buku ini, kamu dapat mengetahui keuntungan maupun rugi yang di hasilkan oleh bidang usaha kamu. 

untuk menambah pengetahuan kamu, kamu dapat melaksanakan kegiatan yang dapat kamu lakukan pada sleekr accounting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar